Tips Transaksi Aman Bebas Penipuan Online

http://beritasitusonline.blogspot.com/2014/12/tips-transaksi-aman-bebas-penipuan.html
Belanja via internet memang mengasyikkan. Segala keterbatasan ruang dan waktu yang biasanya menghambat keinginan seseorang untuk berbelanja, kini tak lagi terasa. Kamu yang berasa di daerah Ujung Kulon, bisa saja memesan barang dari penjual yang ada di Hong Kong, Mogadishu, hingga Timbuktu. Semua terkoneksi hanya via internet. Namun, tidak semua situs di ranah maya bebas penipuan online, beberapa penipu justru memanfaatkan situs belanja populer untuk menjerat mangsanya. Berikut beberapa tips untuk menghindari jebakan para penipu di situs belanja populer.

1. Pilih barang terbaik
Di internet, kamu tidak punya kendala ruang dan waktu. Kamu bisa memanfaatkan sela-sela waktu kamu untuk memilih barang terbaik, mulai dari kualitas, harga barang, hingga ongkos kirim yang mesti kamu tambahkan sebelum melihat transaksi.

2. Pilih penjual terbaik
Jika kamu sudah menemukan barang terbaik yang akan kamu beli, pastikan bahwa penjual yang kamu pilih memiliki reputasi baik. Dari Bukalapak hingga Ebay, penjual yang baik biasanya memiliki jumlah umpan balik (feedback) dari para pembeli yang puas terhadap kinerja si penjual.

3. Memungkinkan retur
Sekalipun kamu telah memilih barang secermat mungkin dari pembeli dengan rekomendasi baik, kemungkinan untuk merasa tidak puas tetap ada karena kamu hanya melihat barang dari layar perangkat pintar. Carilah penjual yang menerima layanan purnajual, seperti penukaran andaikata ada cacat atau pun pengembalian andai barang tidak sesuai deskripsi.

4. Pembayaran via escrow
Sistem transaksi via escrow adalah sistem transaksi yang melibatkan pihak ketiga dengan alasan keamanan. Di Indonesia, sudah banyak situs belanja yang memberi fasilitas seperti ini, salah satunya adalah Bukalapak.com.