Kenali Penjual Sebelum Membeli

http://beritasitusonline.blogspot.com/2014/12/kenali-penjual-sebelum-membeli.html
Selama ini, belanja via internet dikenal sebagai cara belanja yang tricky, alias gampang-gampang susah. Penipuan selalu menjadi momok bagi setiap orang yang ingin berbelanja secara maya. Tidak hanya pengguna internet yang baru, pengguna internet yang dianggap sudah fasih pun masih memiliki risiko untuk tertipu. Untuk itu, sebaiknya kenali penjual untuk bebas dari penipuan.

Salah satu cara paling ampuh untuk belanja bebas penipuan adalah dengan berusaha untuk mengenali penjual tersebut. Mengenal dalam hal ini bukanlah bertatap muka secara langsung, melainkan melihat rekam jejak si penjual di situs tempat dirinya berjualan. Mengecek satu per satu reviu yang diberikan oleh pembeli, apakah benar asli atau rekayasa penjual dan rekan-rekannya yang tergabung dalam sindikat penipu. Kamu juga bisa melakukan korespondensi dengan para pelanggannya yang kamu yakini merupakan pembeli sebenarnya, bukan fiktif.

Di Kaskus misalnya, lebih mudah untuk mengenali yang mana penipu atau bukan. Para pengguna, atau yang sering disebut Kaskuser, adalah salah satu pengguna internet yang kritis. Dalam hal ini, kamu hanya perlu cantumkan akun penjual di kotak pencari. Jika ternyata si penjual ini melakukan gerak-gerik tak beres, biasanya Kaskuser langsung membuat thread yang mengadukan si penjual. Jika akun si penjual tidak tercantum, kamu mesti melakukan beberapa langkah pengecekan lainnya dengan menggunakan mesin pencari.

Jika ternyata dari pencarian menggunakan mesin pencari tidak memunculkan hal-hal mencurigakan dari penjual dan hasil korespondensi dengan para pembeli menghasilkan rekomendasi baik, kamu bisa dengan tenang melakukan transaksi.