Mengenal Jenis Situs E-commerce Di Indonesia

Meningkatnya kemajuan dibidang teknologi telekomunikasi, mampu mendukung atau mempermudah seluruh aspek industri, termasuk sektor industri e-commerce di Indonesia. Sebagai salah satu pasar regional terbesar di kawasan Asia-Pasifik, konsumen Indonesia berpotensi untuk melakukan banyak pembelian melalui situs e-commerce (jual beli online). Perkembangan ini disebabkan oleh beberapa hal seperti meningkatnya akses internet, meningkatnya penetrasi penggunaan kartu kredit, maksimalnya service dari jasa kurir/jasa expedisi dan semakin berkembangnya konsumen-konsumen kelas menengah tiap tahunnya. Dari demikian itu, bentuk bisnis online e-commerce memang lagi booming dan menarik banyak pihak untuk terjun dan menjalankan bisnis e-commerce.

Sama halnya dengan jenis bisnis lainya, e-commerce tumbuh dan berkembang dengan beberapa bentuk dan jenisnya. Sebelum membahas lebih lanjut mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui apa sih, e-commerce merupakan jenis bisnis atau transaksi komersial yang melibatkan transfer informasi melalui jaringan internet.  Bentuk dan jenis e-commerce yang ada di Indonesia terdiri dari tiga jenis e-commer. Apa saja jenis e-commerce yang ada di Indonesia ?

Berikut saja jelaskan secara sederhana jenis e-commerce yang ada di Indonesia :
  • E-commerce Marketplace atau dengan istilah customer to customer (C2C). E-commerce ini memfasilitasi tempat untuk melakukan penjualan dan pembelian, merupakan sebuah pasar online yang tujuannya adalah mengumpulkan perusahaan-perusahaan atau para pemilik toko untuk membuka “lapak” di situsnya. layaknya pasar nyata tersedia berbagai macam produk dalam namun dalam bentuk virtual. seperti Tokopedia, Bukalapak, dan olx.
  • Bentuk E-commer Iklan Baris jenis ini penjual langsung dapat mengiklankan barang yang ingin dijual melalui software yang berbayar maupun gratis seperti blogspot, wordpress, social media, dll. Pembeli yang berminat terhadap barang yang ada di e-commerce iklan baris dapat langsung menghubungi penjual individu melalui contact person yang ada.
  • E-commer riteal atau business to customer (B2C). Jenis e-commerce ini merupakan toko online hanya 1 penjual, pada dasarnya B2C adalah toko yang memiliki tempat untuk penyimpanan produk barang yang dijual. Umumnya e-commerce jenis ini memilik kategori produk yang lengkap misalnya, sepeda, elektronik, handphone, dll
Itulah jenis situs e-commerce yang berkembang Di Indonesia yang booming sejak tahun 2011, bagi anda yang tertarik silakan mencoba dan semoga pemikiran yang saya curahkan lewat tulisan ini dapat membari pengetahuan bagi pembaca.