Berbagai Macam Cara Memesan Tiket Kereta Api Online dan offline

Pada jaman yang telah maju serta modern seperti sekarang ini, melakukan pembelian tiket kereta tidak harus lagi mengantri panjang di loket yang berada di stasiun. Anda dapat membeli tiket dengan cara yang mudah seperti membeli tiket kereta api online atau melalui sambungan telepon. Bahkan saat ini banyak situs yang memiliki layanan pemesanan tiket sehingga Anda dapat melakukan pembelian tiket kapanpun dan dimanapun. Berikut ini, berbagai macam cara untuk membeli tiket kereta api baik secara online atau pun offline.

Image : Tiket Kerta - TipkiBags

Pertama, membeli di web resmi KAI. Anda hanya perlu membuka web resmi dari KAI, dan tentukan tempat, tujuan hingga keberangkatan Anda. di situs ini, Anda dapat memesan tiket entah dewasa atau pun anak-anak. Cara melakukan pemesanan tiketnya ialah:

• Masukkan tanggal keberangkatan Anda,
• Pilih stasiun keberangkatan serta tujuan Anda,
• Tentukan kategori penumpang dewasa dan anak-anak, klik tampilkan dan periksa ketersediaan jadwal,
• Pilih jadwal ketersediaan tiket,
• Pilih nama kereta api yang jadwalnya sesuai dengan keinginan,
• Pilih kelas yang Anda ingini seperti ekonomi, bisnis serta eksekutif,
• Klik tulisan booking untuk melakukan pemesanan berdasarkan pada kelas,
• Centang kotak yang berisi menerima seluruh persyaratan yang berlaku, lengkapi data yang diminta, dan pilih gerbong yang memiliki kursi kosong,
• Tentukan metode pembayaran,
• Anda akan diberi waktu selama beberapa jam untuk melakukan pelunasan pembayaran.

Selain memesan tiket kereta api online, Anda juga dapat memesan melalui telepon. Anda cukup menghubungi 121. Setelah itu minta operator untuk mengecek jadwal yang Anda ingini dan jika Anda setuju dengan harga yang ditawarkan dan jadwal yang ada, operator akan membuat pemesanan. Biaya pemesanan sebesar Rp 7500 untuk satu kali pemesanan hanya maksimal 4 tiket, operator akan menyebutkan kode pemesanan yang akan Anda gunakan untuk melakukan pembayaran tiket melalui ATM.

Ketiga, Anda bisa memesan tiket melalui gerai Indomaret dan Alfamart. Cara ini dilakukan jika Anda tidak sempat melakukan pembelian tiket sendiri di stasiun atau jaringan internet untuk memesan tiket sedang buruk. Anda hanya perlu mengunjungi gerai Indomaret atau Alfamart yang paling dekat, setelah itu kunjungi bagian kasir untuk melakukan pembelian tiket kereta api. Nantinya kasir akan mengecek jadwal keberangkatan kereta serta ketersediaan kursi. Jika kasir sudah menginformasikannya, Anda dapat langsung melakukan pembayaran tiket beserta biayanya.

Keempat, melakukan pembelian tiket di kantor pos. Jika tempat tinggal Anda dekat dengan kantor pos, Anda bisa melakukan pembelian. Cara pemesanannya juga mudah. Anda hanya perlu mengunjungi kantor pos yang telah memiliki sistem online, karena ada beberapa kantor pos yang belum memiliki sistem online pada umumnya, setelah itu minta petugas untuk melakukan pengecekan ketersediaan kursi di kereta. Jika petugas telah mengecek jadwal keberangkatan, Anda dapat melakukan pembayaran secara langsung, Anda akan mendapatkan resi atau bukti pembayaran dari petugas, simpan resi baik-baik dan tukarkan kode booking Anda di stasiun keberangkatan.

Jadi, tidak perlu bingung lagi bukan untuk melakukan pembelian tiket kereta api online atau pun secara offline. Selain itu sekarang ada begitu banyak situs booking yang bisa Anda gunakan untuk memesan tiket secara online. Kemudahan ini sepertinya juga disambut dengan sangat positif oleh seluruh pengguna kereta api. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan kereta api, biaya murah dan perjalanan aman akan Anda dapatkan.